SNMPTN dan CBT UMY 2017-Perjuangan masuk FK

Haloo, disini aku mau bagi pengalaman sewaktu aku masih kelas 12 gimana susahnya cari kuliah demi bisa masuk Fakultas Kedokteran gagal-tes-gagal-tes dan akhirnya lolos, juga sedikit tips-tips sama motivasi ala ala gitu kali ya wkk.
Ini bukannya pamer atau apa ya, literally pengen bagi pengalaman aja, karena dulu waktu aku kelas 12 juga sering baca pengalaman dari blogger lain terus jadi kyk 'wah banyak juga yang gagal bukan aku aja' jadi ya aku pengen juga wkk.
Kayaknya aku bakal buat beberapa part deh. Selamat membaca


Jadi, waktu aku kelas kelas 12 semester 1, pertama yang aku ikutin itu daftar SNMPTN, tapi bukan langsung pilih universitas. Jadi SNMPTN sendiri ada 2 step, pertama seleksi dalam sekolah dulu lalu seleksi nasional, untuk seleksi di sekolah pada tahun 2017 persentasenya lebih sedikit dari 2016, jadi menurut akreditasi sekolahnya gini:

Akreditasi A : 50% terbaik disekolahnya
Akreditasi B : 30% terbaik disekolahnya
Akreditasi C : 10% terbaik disekolahnya
Akreditasi lainnya : 5% terbaik disekolahnya

Kebetulan SMAku terakreditasi A, jadi 50% siswa terbaik bisa ikut SNM. Tapi, terbaiknyapun yang nentuin tetap pusat bukan sekolah. Setelah nunggu berapa bulan gitu akhirnya kita bisa liat kita boleh apa enda ikut SNMPTN. Pas aku masukin NISN sama Passnya ternyata aku boleh ikut SNMPTN

oke, untuk SNMPTN aku dikasih tips tips dari tempat bimbelku, ini yang aku ingat ya, pilihan SNMPTN itu maksimal 2 Universitas dan 3 prodi, dan harus ada yang di regio kita. Untuk yang nda ngerti prodi itu apa,prodi itu program studi, kyk FK, FKG, Teknik Kimia, dll. Kalo universitas tau sendiri lah ya, kyk UI,UGM, UNMUL, dll.
Lalu urutan itu menentukan skala prioritas, dan strategi urutinnya tu juga nda boleh asal. Jadi misalnya kalian mau UNPAD-FK, UNPAD-Psi, sama UGM-FK (misalnya tinggal dijogja) itu milihnya jangan 1. UNPAD-FK 2. UGM-FK 3. UNPAD-Psi, tapi

1.UNPAD-FK
2.UNPAD-Psi
3.UGM-FK

atau

1.UGM-FK
2.UNPAD-FK
3.UNPAD-Psi.

Lalu kalo ditempat bimbel aku ada kayak aplikasi gitu, jadi mereka memperkirakan dlm bentuk persen dari nilai kita selama semester 1-semester 5, nah itu juga bantu banget buat mempertimbangkan pilihan. Kemaren karena aku keukeuh FK, guru bimbel aku saranin ambil FK UNEJ aja. Jadi, pilihan SNMku:
1.UNMUL-FK
2.UNEJ-FK
Sebenarnya aku kurang yakin dan nda terlalu berharap juga lulus SNM, karena yang milih unmul-fk dikelasku aja udah banyak, dan unej dipilihan pertama aja aku nda yakin lolos apalagi pilihan kedua kan


Karena jarak dari daftar SNM sama pengumumannya lumayan lama, jadi aku mulai mulai daftar PTS buat cadangan, in case aku nda lolos sama sekali diPTN. Sebenarnya pendaftaran PTS itu sudah lama banget dibuka, dari semester awal kelas 12, tapi baru cari mulai dari semester 2 akhir.
Karena ku pikir, Ah PTS aja kok, asal nyanggupin bayar SPPnya juga pasti lolos, pikiran yang hampir semua orang yang belum mengalami pikir:)
Nyatanya masuk PTS dengan harapan jurusan yang banyak peminatnya itu nda mudah. Apalagi baru daftar disemester 2 akhir:)

Jadi pertama kali aku daftar jalur rapot di UMY namanya PMDK (Penerimaan Berdasar Minat dan Kemampuan). Biaya untuk PMDK gratis, kita tinggal kirim berkasnya.
Waktu itu aku yakin pasti lulus, karena sertifikatku lumayan, dan rapotku rata-rata terendahnya 86.79 jauh dari rerata minimal yang ditentukan UMY yaitu 7.0.
Saat pengumumannya, kita disuruh download PDF, lalu pas aku search namaku, tidak ada. Yang artinya aku tidak diterima

Lalu aku niat daftar UII, tapi yang aku baca kalo UII untuk FK harus ke Jogja, yaudah aku ke Jogja bareng Jijah sama Bayu, temen 1 sma. Jijah daftar ulang Menejemen, aku sama Bayu daftar CBT. Kami nginap di Royal Ambarukmo hotel, jaraknya lumayan jauh lah dari UII.
Sampe UII, ternyata jadwal untuk pendaftar FK itu beda dari jurusan lain, dan CBTnya untuk FK juga belum ada jadwalnya, harus PBT, dan itu jadwalnya masi lama. Aku kesel banget, aku ke Jogja buat UII tapi tesnya belum buka.
Emang salahku sihnya nda baca jadwalnya sampe habis.

Nah, karena nda bisa apa apa juga, seharian itu aku cari info PTS Jogja yang buka tes FK bulan itu, ternyata UMY buka. Yaudah besoknya aku sama Bayu ke UMY daftar CBT. Dan aku lagi lagi over pede bakal lolos, karena tesnya cuma Tes Potensi Akademik aja ndaada tes saintek.

Setelah tes selesai, kami nunggu dipanggil satu satu buat liat hasil kami.Pertama aku duluan yang dipanggil, aku jalan ke meja pengumumannya pede banget krn bener-bener yakin diterima univ swasta aja kok, tesnya jga tpa ajakok. Sampe disana masnya bilang "Ini nilainya sudah bagus, tapi belum memenuhi standar FK, standarnya 80" Lah nda lulus lagi? Pas aku buka hasilku cuma 51. Aku kaget dong, tapi garagara ada pakdeku jadinya aku sok cool aja biar sedihnya nda keliatan. Lalu Bayu dipanggil, dia nda keterima juga, Farmasi targetnya 60 dan dia dapat 42. Yaudah kami pulang kerumah. Tapi, aku niat CBT UMY lagi lusa

Besoknya, aku belajar TPA literally seharian, Jijah pulang, Bayu tes di UII jurusan Teknik Kimia. Sorenya Bayu line aku, dia keterima. Aku ikut senang pas itu,tapi tambah deg degan juga. Karena dia udah dapat sekolah dan aku belum

Besoknya, aku balik lagi ke UMY, hari ini aku lebih siap daripada kemarin lusa, lebih yakin juga, dijalan aku line temen-temen aku minta doa. Aku nangis dijalan, takut sampai nda lulus lagi. Aku berdoa terus-terusan. Pas ngerjain cbt kedua ini aku merasa bisa, yakin banget kali ini lolos. Tapi yakinnya ini lebih berbobot karena aku sudah pernah kerjakan soal mirip ini sebelumnya dan sudah belajar 1 hari full.

Setelah dipanggil, lagi-lagi aku nda lolos. UMY nolak aku TIGA KALI. Dan nilaiku kali ini 52. Aku belajar seharian dan nilaiku cuma naik 1?
Pas mau balik dari meja ke tempat duduk buat pendamping nunggu, aku ngeliat Pakde, Bude, sama Bayu mukanya kyk senang banget sambil bilang 'Gimana keterima?' dan aku jawab enda, aku hampir nyerah, aku sudah nda peduli berapa uangku keluar, aku mau tes lagi. Karena UMY ngebatasin CBTnya 3 kali, berarti aku masih punya 1 kesempatan lagi, aku mau selesaikan di hari itu karena besok aku udah pulang, aku harus keterima FK UMY. Tapi pakdeku bilang, jangan dipaksa karena aku itu sudah capek. Dimobil aku diam. Sedih dan kecewa sama diri aku sendiri. Kok bisa bisanya aku nda keterima lagi, sebodoh itukah aku?

26 April 2017

Nah, tiba saat hari pengumuman SNM, hari itu barengan sama Gelar Seni SMAku, jadi satu angkatan buat janji, nda akan buka hasil SNM pas lagi GS, supaya moodnya tetap baik dan acaranya asik. Tapi, belum selesai acara temen aku udah pada ribut"Eh Nilam keterima UGM" dari situ langsung banyak lagi info info, eh ini keterima disini, eh itu keterima disitu. Tapi, aku tetep males buka, karena pasti bakal lambat banget webnya dibuka sama anak snm 1 indonesia

Dimobil pas otw rumah, papa aku tanya "Ka sudah buka SNM" garagara ditanya gitu, yaudah ku buka, dan hasilnya...
website snm minta maaf ke aku, yang artinya aku nda lulus, awalnya aku biasa aja, tapi pas bilang ke papa terus papa kyk yah nda lulus ya, aku jadi kecewa juga:( ditambah temen temen kelas banyak banget yang lulus, dari 36 siswa, 20 orang lulus, ada diUGM, UB, UNMUL, UPN, IPB sama ITK.

Sedih? Nda terlalu. Tapi malu, kenapa malu? karena hari itu aku dipanggil kedepan karena dapet nilai tertinggi pertama. Pertama. Tapi nda lulus SNM dan ditolak UMY 3 kali, totalnya 4 kali aku ditolak sejauh ini.

Beberapa hari aku nda bisa move on dari hasil SNM, aku kecewa kenapa aku nda bisa lulus, setiap liat grup list siswa yang lulus SNM dari sekolahku bertambah,belum lagi di snapgram orang capturein hasil snmnya, lalu banyak yang dm aku nanyain gimana hasilku, dan terlebih lagi aku dapat nilai UN terbaik lagi disekolahku. Malunya tripel:(

Tapi aku masih belum mau menyerah. Kalau memang niatnya FK ya harus siap tes-gagal-tes-gagal kayak gini kan? Masih ada SBM aku harus lebih semangat. Yakin pasti bisa

Never Give Up, Great Things Take Time, mungkin ini belum waktuku. Mungkin aku terlalu sombong diawal. Oke aku siap tes di waktu dan tempat yang lain

3 comments:

  1. Terus gimana kak sekarang? Berhasil FK? Gapyear nda? aku juga lagi daftar FK, baru tes sekali UMS dan gagal :') separo nilainya aja ganyampe mo nyoba2 umy besok. Wish me luck. Baru sekali, tp rasanya campur aduk apalagi liat2 blog orang perjuangan fk gimana susahnya. Hampir kepikiran gapyear, tp pasti beban mental :(

    ReplyDelete

Buku Tahun Pertama

Kemaren aku sudah ceritaain pengalaman aku pas mau masuk FK kan, nah sekarang aku mau infoin buku-buku yg direkomendasikan kampusku dan yg b...